Cinta Tak Jadi


“Aku cinta sama kamu.”

“Aku tidak.”

Lelaki itu lalu menundukkan kepala dan berpikir untuk mengarang sebuah cerita.

Kadang hidup seperih dan sesederhana itu. Kau menyatakan cinta dan menerima penolakan. Tentang hal yang paling menyakitkan, ada yang bilang, yaitu saat kau ditolak masuk kepintu yang sangat kau inginkan. Perih sekali. Memang.

Aku telah menyiapkan diri sejak lama hanya untuk mengungkapkan satu kalimat ini. Kalimat yang kemudian hanya berbalas penolakan.

“Aku cinta sama kamu.” Kataku penuh harap dan ketegangan.

“Aku tidak.” Katanya ringan saja seolah-olah baru ditawarkan sebuah barang sales keliling.

Peristiwa itu terjadi sore sebulan lampau. Ketika matahari akan pergi dan kelelawar hitam mulai menampakkan diri. Aku masih ingat, saat dia berucap “aku tidak” seekor kelelawar melompat keudara dan dedaunan pohon belimbing yang berada tidak jauhdariku bergoyang kelelawar dan pohon belimbing telah menjadi saksi tentang sebuah kisah cinta yang tak jadi.

Aku juga masih ingat sesaat selepas mendengar rasa pedih “aku tidak” aku langsung menundukkan kepala dan berpikir untuk mengarang sebuah cerita. Tepat ketika aku telah menemukan ide soal cerita yang akan kukarang tiba-tiba mulutku mengucapkan lagi:

“Aku cinta sama kamu.” Kepalaku masih tetap memandang bumi.

Setelah itu aku mendengar sebuah suara. Namun, sebelum suara itu kudengar aku telah menemukan beberapa poton kata-kata awal untuk ceritaku. Begini bunyinya:

“Aku cinta sama kamu.”

“Aku tidak.”

Setelah itu aku mendengar sebuah suara. Aku berniat menjadikan bunyi sura  itu sebagai bagian penutup ceritaku. Suara itu kalau aku tidak salah berbunyi seperti sebuah kalimat cinta, tepaptnya kalimat cinta tak jadi. Dia, orang itu, orang yang tadi berkata “aku tidak” mengeluarkan suara:

“Sayangnya aku tidak. Aku tidak mencintaimu. Dan aku mohon kamu jangan paksa aku untuk mencintaimu. Sekali tidak tetap tidak. Titik. Jadi, bye, selamat tinggal.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s